Pengertian silabus secara lengkap

Silabus menurut para ahli merupakan produk utama dari pengembangan kurikulum di mana rancangan selanjutnya ditulis didalam satuan berkaitan dengan pengembangan kurikulum pendidikan harus product lainnya di dalam proses pembelajaran. 

Silabus menurut Kurikulum 2013 adalah rancangan pembelajaran terhadap suatu grup mata pelajaran/tema spesifik yang termasuk standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. 

PENGERTIAN SILABUS


Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke di dalam materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. 

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai kesibukan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. 

Silabus berisikan komponen pokok yang sanggup menjawab pertanyaan berikut.: Kompetensi yang dapat ditanamkan kepada peserta didik lewat suatu kesibukan pembelajaran aktivitas yang mesti dijalankan untuk menanamkan / membentuk kompetensi selanjutnya usaha yang wajib dikerjakan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut udah dimiliki peserta didik, bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan konsep pembelajaran, pengelolaan kesibukan pembelajaran, dan pengembangan proses penilaian. 

Silabus adalah rancangan pembelajaran terhadap suatu dan/atau grup mata pelajaran/tema tertentu yang termasuk standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber studi (Kunandar, 2011: 244). 

Sedangkan silabus menurut Yulaelawati adalah seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, berisi perihal komponen-komponen yang saling terkait di dalam mencapai penguasaan kompetensi dasar. 

Silabus merupakan seperangkat konsep dan juga pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling terkait untuk meraih penguasaan kompetensi dasar Silabus merupakan konsep pembelajaran terhadap suatu dan/atau group mata pelajaran atau tema spesifik yang termasuk Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Trianto, 2010:96). 

Langkah-langkah pengembangan silabus menurut Trianto, 2010: 99 Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. 

Mengkaji SK dan KD mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran. 

Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang membantu pencapaian KD. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. 

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan sistem mental dan fisik di dalam rangka pencapaian KD. 

Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi. Indikator merupakan penanda pencapaian KD. 

Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Menentuan Jenis Penilaian. 

Penilaian pencapaian kompetensi dasar siswa dikerjakan berdasarkan indikator. Penilaian dikerjakan dengan memakai tes didalam bentuk tertulis. 

Menentukan Alokasi Waktu. Penentuan alokasi sementara terhadap tiap-tiap KD didasarkan terhadap jumlah minggu efisien dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu. 

Alokasi sementara merupakan perkiraan saat rerata untuk menguasai KD yang dibutuhkan oleh siswa yang beragam. 

Menentukan Sumber Belajar. Penentuan sumber belajar didasarkan terhadap SK dan KD dan juga materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 

Manfaat Silabus Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, jadi dari perencanaan, pengelolaan kesibukan pembelajaran dan pengembangan penilaian. 

Silabus berguna sebagai pedoman didalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, layaknya pembuatan konsep pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. 

Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rancangan pembelajaran, kaib rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar. 

Silabus termasuk berfungsi sebagai pedoman untuk berencana pengelolaan kegiatan pembelajaran, bila kesibukan studi secara klasikal, group kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat berfaedah untuk mengembangkan sistem penilaian.

0 Response to "Pengertian silabus secara lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel